TULISKAN TEKS BERJALANNYA DISINI

Materi Akidah Akhlak Kelas 5 MI Mari Mengingat Allah Melalui Kalimat Tarji' Pertemuan ke-1

 

Untung tidak dapat diraih, musibah tidak dapat ditolak. Dari ungkapan tersebut bisa kita ambil kesimpulan bahwa setiap manusia bisa mendapat musibah atau sebaliknya. Bagaimana perasaanmu ketika menerima musibah? Musibah harus disikapi dengan akhlak terpuji.


      Sikap yang menunjukkan kualitas iman seseorang ketika menerima musibah adalah sabar. Semakin kuat kesabaran seseorang dalam menghadapi musibah yang diberikan oleh Allah Swt menunjukkan semakin kuatnya keimanan orang tersebut.
      Allah Swt memberikan keberuntungan atau musibah sesuai kehendak-Nya. Tidak seorang pun di dunia ini yang menginginkan datangnya musibah. Namun atas kehendak Allah Swt seseorang dapat ditimpa musibah.
Untuk itu apabila kita tertimpa musibah maka kita dianjurkan membaca kalimat tarji‟. Allah Swt berfirman:
الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُمْ مُصِيبَةٌ قَالُوا إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ

Artinya :
“(Yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan, inna lillahi wa inna ilaihi raaji‟uun.” (Q.S. al-Baqarah, [2]:156)

      Rasulullah Saw juga mengajarkan kepada kita sebagai umatnya bahwa saat kita menghadapi musibah baik yang berat maupun yang ringan, agar senantiasa membaca kalimat tayyibah tarji'.
Artinya :
“ Tidaklah seorang hamba terkena musibah, kemudian ia berdoa, sesungguhnya kita kepunyaan Allah Swt dan sesungguhnya kita akan kembali kepada-Nya. Ya Allah berikanlah pahala dalam musibah ini dan berikanlah aku ganti yang lebih baik dari padanya. Kecuali Allah Swt akan memberikan pahala dalam musibahnya dan Allah Swt akan memberi ganti baginya yang lebih baik dari padanya.”(H.R. Muslim)
      Dengan memahami kalimat tayyibah tarji‟, diharapkan muncul keyakinan bahwa segala yang terjadi pada diri kita baik yang berupa untung atau rugi, berkah atau musibah adalah kehendak Allah Swt.
      Semua yang ada pada kita harus diakui dengan tulus bahwa kita milik Allah Swt dan pada waktunya akan kembali menghadap Allah Swt.
Untuk selanjutnya bisa di simak di Materi berikut;

Demikian materi Pembelajaran kali ini, semoga Materi Mengingat Allah Melalui Kalimat Tarji' pertemuan 1 ini bisa bermanfaat untuk rekan-rekan semua

Post a Comment

Previous Post Next Post