Kamis, 06 Agustus 2020

, ,

Materi SKI Kelas 5 Bab.1 Keperwiraan Nabi Muhammad


KEPERWIRAAN NABI MUHAMMAD SAW

A. Keperwiraan Rasulullah dalam perang Badar
    Simak Vidio Berikut :
   Vidio 2
Setelah melihat Vidio diatas sekarang kita bahas beberapa hal tentang Perang Badar 
Mengapa disebut Perang Badar?

        Perang Badar terjadi pada tanggal 17 Ramadhan Tahun 2 Hijriah bertepatan tanggal 8 Januari 623 Masehi. Perang ini terjadi di Desa Badar. Sebuah desa yang terletak antara Makkah dan Madinah.
 
Berapa kekuatan pasukan muslim?
 
        Kaum muslimin hanya berjumlah 314 orang, sedangkan kafir Quraisy berjumlah 1.000 orang yang memiliki persenjataan lengkap. Sementara itu, kaum muslimin dengan senjata seadanya.
 
Bagaimana strategi Rasulullah dalam perang itu?
 
        Strategi Rasulullah dalam perang Badar adalah dengan menguasai penampungan air. Penampungan air itu sangat dibutuhkan kedua belah pihak. Seorang kafir Quraisy bernama Aswad bin As’ad ingin menghancurkan kolam penampungan air itu. Usaha Aswad dapat digagalkan oleh Hamzah bin Abdul Muthalib dan Aswad pun tewas.
 
Bagaimana kaum muslimin memenangkan perang?
 
        Bermula dari perang tanding berubah menjadi perang massal. Dalam perang tanding pihak Quraisy diwakili 3 orang yaitu : Utbah, Syaibah bin Rabiah, dan Al Walid Utbah. Sedangkan kaum muslimin diwakili oleh Ubaidah bin Harits, Ali bin AABI Thalib dan Hamzah bin Abdul Muthalib. Ketiga orang Quraisy mati terbunuh. Dengan sebanyak 70 orang dan 70 orang lainnya ditawan oleh pasukan muslim. Abu Jahal salah satu orang yang terbunuh dalam perang itu, setelah dikalahkan oleh Muadz bin Amru. Allah swt telah menolong kaum muslimin. Secaranalar pasukan muslim tidak mungkin menang. Kekuatan mereka tidak imbang, namun dengan imannya yang kuat dan ikhlas karena Allah SWT. kaum muslimin berhasil memenangkan perang ini.

0 komentar:

Posting Komentar